Senin, 12 November 2012

PENGGUNAAN MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANIMASI





 
A.          Pengantar

         Pada materi ini akan diberitahukan bagaimana cara menggunakan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah animasi. Perlu diketahui bahwa pengembang software selalu menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menampilkan sebuah tampilan, khususnya tampilan menu dan ikon, Hal ini semata-mata untuk memudahkan si pengguna untuk menjalankan perintah-perintah yang dimiliki oleh program tersebut. Oleh sebab itu, materi yang diberikan berupa cara bagaimana menggunakan menu dan ikon dengan pendekatan fungsi alat (yaitu fungsi mouse dan fungsi keyboard).

B.           Penggunakan Menu dan Ikon

1.      Penggunaan Menu Bar
Penggunaan menu pada Menu Bar dapat menggunakan 2 (dua) cara sebagai berikut.
1)      Menggunakan Mouse :
a)      Arahkan poiter mouse pada salah satu menu bar
Sebagai contoh arahkan poiter mouse pada menu File
b)     Klik menu File, maka akan muncul sub menu  File berisi perintah-perintah pengelolaan file.
c)Klik salah satu perintah yang diinginkan.
Sebagai contoh klik sub menu perintah New, maka perintah yang dilakukan adalah membuat dokumen baru.
d)     Lakukan hal yang sama untuk menu yang lain.
2)      Menggunakan fungsi tombol keyboard
a)      Menggunakan fungsi tombol Alt
Jika kita melihat Menu Bar pada flash 8, kita tidak dapat melihat huruf bergaris bawah pada setiap menu seperti yang ditampilkan pada perangkat lunak berbasis windows, oleh karena itu untuk menampilkan garis bawah huruf pada menu dapat menekan tombol Alt pada keyboard kemudian menekan huruf yang bergaris bawah pada menu maka anda dapat menggunakan menu tersebut dengan fungsi tombol  Alt. Sebagai contoh menu File, untuk melakukan perintahnya adalah sebagai berikut.
1.      Tekan tombol Alt pada keyboard maka akan muncul garis bawah pada  huruf  F  (File) dan tekan huruf F
2.      Tekan tombol huruf yang bergaris bawah pada sub menu perintah.
3.      Sebagai contoh untuk perintah New yang ditekan tombol huruf N.
4.      Perintah yang dilakukan adalah membuat dokumen baru.
5.      Lakukan hal yang sama untuk menu yang lain.
b)     Menggunakan fungsi tombol  Ctrl
Penggunaan menu fungsi tombol Ctrl   pada dasarnya hampir sama dengan menggunakan fungsi tombol Alt, akan tetapi untuk menjalankan perintahnya harus menekan tombol secara bersamaan, dan tidak semua menu dapat menggunakan fungsi tombol Ctrl. Berikut ini beberapa contoh menu perintah yang dapat menggunakan fungsi tombol Ctrl :
Tabel 16. Fungsi tombol  Ctrl
Fungsi Ctrl
Fungsi Perintah
Ctrl + N
Membuat dokumen baru
Ctrl + O
Membuka dokumen
Ctrl + W
Menutup dokumen
Ctrl + Alt +W
Menutup seluruh dokumen
Ctrl + S
Menyimpan dokumen
Ctrl + Alt + S
Menyimpan dokumen dengan nama file lain
Ctrl + Shift + F12
Mem-publish dokumen kedalam jenis file
Ctrl + P
Mencetak dokumen
Ctrl + Q
Keluar dari program
Ctrl + F
Mencari/menemukan teks
Ctrl + G
Menuju area (sel, range) data dan lembar kerja
Ctrl + X
Memotong data
Ctrl + Y
Membatalkan perintah (kembali ke kondisi sebelumnya).
Ctrl + Z
Menuju kondisi  berikutnya
Ctrl + C
Menyalin data
Ctrl + V
Meletakan hasil copy dan cut
Ctrl + A
Melakukan blok seluruhnya

Fungsi tombol Ctrl dapat dilihat pada tampilan submenu di setiap Menu Bar.

2.   Penggunaan Ikon pada Toolsbox

Untuk dapat menggunakan perintah ikon/ tool lakukanlah langkah berikut
1)      Arahkan pointer mouse pada ikon/tool perintah
2)      Klik menggunakan tombol mouse sebelah kiri
3)      Perintah yang dilakukan adalah membuat gambar garis pada stage.

3.   Penggunaan Menu dan Ikon pada Timeline

Untuk dapat menggunakan perintah Ikon pada Timeline pada dasarnya sama dengan penggunaan ikon seperti pada Toolbox, yaitu, sebagai contoh, dengan melakukan cara sebagai berikut :
1)      Arahkan pointer mouse pada ikon perintah
2)      Lakukan klik dengan menggunakan tombol mouse sebelah kiri
3)      Perintah yang dilakukan adalah menyisipkan layer.

4.   Penggunaan menu dan ikon pada panel colors

Untuk dapat menggunakan perintah menu dan ikon pada panel colors  sebagai contoh pada Color Mixer yaitu dengan cara melakukan sebagai berikut :

1)      Seleksi atau blok objek  terlebih dahulu yang akan diberi effek pewarnaan.







ambar 15. Penggunaan ikon pada Color Mixer





2)      Arahkan pointer mouse pada ikon perintah  pada Color Mixer
Sebagai contoh arahkan pointer mouse pada ikon  pada Color Mixer, klik menggunakan tombol mouse sebelah kiri maka perintah yang dilakukan adalah untuk memberikan effek warna pada fill atau akan tampil pilihan warna.
3)      Pilih efek warna pada ikon yang lain seperti type dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar